Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy S22 Ultra

Samsung Galaxy S22 Ultra

Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy S22 Ultra – Smartphone ini hadir membawa spesifikasi kelas atas dan beragam teknologi canggih. Samsung melakukan banyak inovasi ke dalam koleksi handphone terbarunya ini. Mulai dari chipset yang lebih kencang, baterai yang lebih awet, dan desain lebih tangguh. Meski tergolong di jajaran S22 series, Ponsel ini memiliki desain dan fungsi yang sangat berbeda dari (S22 dan S22+). Untuk kelas premium, harganya melebihi RP.15 Juta, sebanding dengan kecanggihan teknologi yang dibawanya.

Samsung Galaxy S22 Ultra memiliki desain elegan yang memberikan kesan premium saat dipandang dari berbagai sisi. Kualitas kameranya juga luar biasa karena didukung lensa dan sensor terbaru yang bisa menghasilkan foto dan video berkualitas tinggi.

Bagi Anda yang mungkin tertarik dengan ponsel ini, sebaiknya perlu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung S22 Ultra. Simak ulasan lengkapnya dalam video ini.

Kelebihan Samsung S22 Ultra

1. Desain Tangguh dan Mewah

Phonsel ini hadir dengan body ramping, bingkai yang lebih modern dibuat lebih kotak serta layarnya melengkung di sisi kanan dan kiri, mirip dengan ponsel Note Series. Bezel bagian atas dan bawah terlihat sangat tipis. Ponsel ini masih mempertahankan desain kamera yang vertikal. Terpasang 4 lensa beresolusi tinggi dengan akses cincin lensa cermin tanpa adanya frame, sehingga berkesan lebih minimalis dan mewah. Body ponsel ini lebih tangguh dari pendahulunya. Galaxy S22 Ultra dibalut rangka alumunium armor super kuat, bodynya juga tahan air dan debu dengan sertifikat IP68.

Sedangkan untuk dimensinya, memiliki dimensi 77,9 x 163,3 x 8,9mm dan bobot seberat 228 gram. Bobotnya memang tidak ringan, namun tetap nyaman digunakan untuk mendukung berbagai aktivitas. Selain itu, tersedia pula empat pilihan warna seperti Burgundy dan Green yang terlihat berani, atau warna halus, seperti Phantom White dan Phantom Black. Semua warna Galaxy S22 Ultra terasa sangat mewah. Terlebih untuk warna Burgundy yang menjadi warna favorit yang tidak ditemukan di S22 dan S22+.

2. Kualitas Layar Terbaik

Galaxy S22 Ultra dibekali panel layar Dynamic Amoled 2X berbentang 6.8 inci, dengan resolusi QHD+ (1440 x 3088 pixels) yang menghasilkan kerapatan hingga 500 ppi, mendukung HDR10+, dengan Vision Booster yang menghasilkan kecerahan layar hingga 1750 nits. Dengan teknologi vision booster, pengguna tidak perlu khawatir mengalami silau saat pemakaian ponsel di cuaca yang terik. Layar ini juga memiliki color gamut yang bahkan bisa mencapai 100% color volume DCI P3.

Jadi warnanya tetap kaya dalam tingkat kecerahan apapun. Layarnya sangat jernih dan luas, ketajamannya juga tidak perlu diragukan lagi. Refresh rate layarnya mencapai 120Hz dan touch sampling rate 240hz. Dengan kecepatan refresh adaptif (yang bisa disesuaikan tergantung kebutuhan) dari 1Hz sampai 120Hz, dengan demikian ini akan membuat scrolling mulus dengan tampilan optimal serta bakalan lebih hemat daya. Lalu ada pula lapisan pelindung kaca Corning Gorilla Victus+ yang 10% lebih tangguh dari pendahulunya. Lapisan kaca tersebut dijamin sangat kuat sehingga bisa mencegah layar pecah dan retak apabila smartphone tidak sengaja terjatuh.

Performa Tangguh

Samsung S22 Ultra ditenagai oleh chipset Qualcomm SM8450 Snapdragon 8 Gen 1 SOC, fabrikasi 4nm. Untuk grafisnya terpasang GPU Adreno 730 yang meningkatkan kemampuan gaming dan multitasking. Prosesornya didukung dengan RAM 12GB serta memori internal hingga 512GB. Ponsel ini sudah menggunakan Android 12 dengan antarmuka One UI 4.1.

Baterai Lebih Awet

Samsung Galaxy S22 Ultra hadir dengan daya baterai 5.000 MAH untuk masa pakai yang lebih lama dalam satu hari. Ketahanan baterai ini dioptimalkan dengan teknologi adaptif. Kemudian dilengkapi dengan teknologi Fast Charging 45W yang bisa mengisi baterai smartphone dalam waktu singkat. Tersedia pula fitur Wireless Charging 15W dan Reverse wireless charging 4.5W.

Kamera Super Canggih

Di sektor fotografi, Samsung Galaxy S22 Ultra memiliki sensor kamera dengan pixel besar yang membuat hasil foto dan video berstandar profesional. Ponsel ini hadir dengan sistem quad kamera. Kamera utamanya beresolusi 108 MP yang didukung teknologi PDAF, dual pixel Autofocus, dan OIS. Selain itu, tersedia pula kamera Ultrawide 12 MP dengan Autofocus dan juga macro. Lalu, ada lensa Periscope Telephoto dengan resolusi 10 MP yang mendukung 10x Optical Autofocus dan OIS. Masih ada satu lagi lensa telephoto resolusi 10 MP yang memiliki kemampuan 3x Optical Autofocus dan OIS.

Kemudian untuk kamera depannya, ada kamera selfi dengan lensa 40MP. Kejernihan kamera S22 Ultra didukung oleh Super Clear Glass & Lens serta Super HDR yang akan menyesuaikan berbagai bidikan sehingga membuat bingkai lebih jernih dan cerah dan mampu menampilkan 64x lebih banyak warna. Kamera ponsel ini juga dibekali teknologi Nightography yang memiliki sensor piksel lebih besar di malam hari untuk menarik lebih banyak cahaya dengan sedikit noise.

Untuk perekamannya, kamera utamanya bisa menghasilkan video beresolusi 8K@ 24fps yang telah dioptimalkan agar lebih stabil. Tiga kamera lainnya dan kamera selfie bisa digunakan untuk merekam video sampai 4K@60 fps.

Konektivitas Lengkap dikelasnya

Samsung S22 Ultra dilengkapi berbagai fitur lengkap. Sudah mendukung konektivitas 5G, Wi-Fi 6e Bluetooth 5.2, GPS, NFC, USB-OTG , dua slot kartu SIM, speaker stereo, fingerprint under display ultrasonic dan masih banyak lagi.

Memiliki S-Pen

Hal yang paling menarik dari Samsung Galaxy S22 Ultra adalah memiliki fitur S-Pen, yang biasanya menjadi ciri khas Samsung Galaxy Note Series. S-Pen ini lebih responsif karena latencinya lebih rendah dengan 2,8 ms, yang terintegrasi Bluetooth, akselerometer serta gyro. Hadirnya S-Pen ini, membuat S22 Ultra cocok untuk para profesional yang membutuhkan smartphone untuk mendukung produktivitas.

kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra

No Slot SIM Card

Samsung memang sudah menghilangkan fitur pendukung tersebut di jajaran ponsel flagshipnya. Performa dari ponsel ini memang sudah sangat unggul untuk berbagai macam aktifitas sehari- sehari. Karena kapasitas RAM yang besar 12GB, dan ROM yang mencapai 512GB, tidak adanya Slot Micro SD, mungkin tidak menjadi masalah untuk sebagian pengguna.

No Audio Jack

Sudah barang tentu S22 Ultra juga menghilangkan fitur jack audio pada bodynya. Masalahnya, teknologi nirkabel Bluetooth saat ini, belum cukup baik untuk dapat menyaingi kualitas suara yang ditransfer melalui jack Audio. Tetapi mungkin tidak menjadi masalah untuk sebagian pengguna. Pasalnya, tanpa lubang analog tersebut malah membuat body ponsel terlihat lebih stylish. Demikian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra.

Semoga informasi ini bisa menjadi referensi untuk anda. Terimakasih salam daftarhargatablet.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.